Senin, 17 Januari 2011

Endorsement Pasport

Rabu, 12 Januari minggu lalu.
Saya diantar my hubby ke kantor Imigrasi buat ngurus penambahan 1 nama di pasport saya(endorse) biar jadi 3 suku kata. katanya kalau lewat agen/calo biaya 150rb-200rb. (malah ada agen travel yg matok jasa 300rb -- ck..ck..kok mahal juga ya ? passportnya aja saya bikin dengan normal ngurus sendiri 270rb).

ya, biar pengalaman jadi saya ngurus sendiri aja (eh dianter hubby). sebenernya bisa aja sih sendiri ternyata gampang kok, tapi biarin deh hubby juga lagi gak sibuk2 amat hari itu schedule-nya jadi saya minta anterin aja. kalau Suami kebetulan memang udah terdiri dari 3 suku kata.(?)

Sebenernya saya agak bingung sih...org-org bilangnya suku kata, pdh seinget saya di pelajaran bahasa indonesia suku kata itu ditandai oleh 1 huruf vocal, misalnya : belajar terdiri dari 3 suku kata= be-la-jar atau passport terdiri dari 2 suku kata = pass - port , tapi dicontoh2 endorse kalau nama aslinya cuma satu misalnya : RATNA ditambah 2 suku kata BINTI AZLAN = RATNA BINTI AZLAN - ya sudah lah maksudnya sama karena keukeuh agen2 travel juga bilangnya penambahan 2 suku kata.

Syarat-syarat yang dibawa : Passport lama, Fotocopy kartu keluarga, Fotocopy KTP, Fotocopy passport lama, Fotocopy Akta lahir, materai 2 buah untuk di lembar isian dan lembar permohonan/pernyataan mengajukan endorse (tulisan tangan) yang diajukan ke kepala Dinas Imigrasi setempat.

Pertama datang beli Map dan berkas 10rb, materai dah siap di dompet, cuma kertas untuk surat permohonan gak ada belilah suami 1rb(dikasih 3 lembar !..), pulpen...harus tinta hitam-saya gak bawa-adanya tinta biru.
Eeh..ketemu juga kawan2 kantor berseragam sama biru (krn hari Rabu) : Pak Edwin, Bu Mamik,Bu Yenni, Bu Nurul. Pak Edwin sama mau mengendorse passportnya+istrinya, sedang yang lain perpanjangan krn dah expired.

Setelah selesai kuranglebih 1 jam, saya diberi resi untuk pengambilan passport yg di endorse senin, hari ini 17 Jan 2011 jam 14:00.
Nah, Tadi siang lagi -lagi My hubby yang baik hati mengambilkan passport saya - sekalian nengok kantor yang ada di Batam Center, kalau saya yang ambil kan jauh..ujung ke ujung, bisa-bisa kembali kantor jam 15:00.

Tadi sebelum berangkat, saya udah menyiapkan biaya sekitar 100rb.
Tapi, ternyata suami bilang Gratis kok !! gak ada bayar2an.
Jadi di passport depan tetap nama lama cuma di halaman belakangnya ditambahin dengan nama penggantinya, Jadilah hasil endorsement nama saya di passport jadi : NILA FEBRIAN DENNI .....^___^

Alhamdulillah, ngirit 200rb dari pada pake calo !.
Jadi gak terlalu repot kok ngurus sendiri kalau memang waktunya luang, sejam aja. kecuali kalau memang mikirnya beramal kasih kerjaan calo-calo tersebut biar bisa menafkahi keluarganya....(jadi saya gak mau beramal donk !!..:P...)

Nah, jadi Calo-calo itu masih berguna kah keberadaannya ???...:)...

6 komentar:

  1. Mba Nila,

    sudah pernah di pake ke luar negeri dengan nama hasil endorsement nya? ada masalah ga mba ama migrasi indonesia ato negara tujuan? kan beda antara nama di hal.depan paspor.

    makasi buat sharing nya mbak

    BalasHapus
  2. InsyaAllah mau saya pakai bulan depan mudah2an lancar2 saja ya. Ntah alasannya apa pemerintah Saudi mensyaratkan 3 Kata dalam Passport untuk pengurusan visa.Ada juga yg menyarankan penambahan nama tersebut tidak memakai binti/bin krn agak ribet dan binti/bin dlm bhs arab tidak termasuk nama org, misal HASAN BIN AHMAD tetap dianggap 2 kata , sedang misal namanya IRA MAYA BINTI AHMAD nanti ditanya mana Ahmad nya dll (begitu menurut pengalaman salah satu Agen travel). semoga membantu.

    BalasHapus
  3. Oya tambahan :
    Nama Ahmad, Muhammad dan Siti menurut info juga tidak dihitung sebagai 1 kata.

    BalasHapus
  4. Makasi buat infonya ya mbak, mudah2an lancar perjalanannya.

    BalasHapus
  5. Kalau penambahan nama apa harus untuk keperluan umroh/haji

    BalasHapus
  6. Iya mba, haji umroh biasanya mensyaratkan begitu

    BalasHapus