Minggu, 13 Februari 2011

Bazaar II

Bazaar Hari ke-2 lebih semarak, stand yang menjual obat-obatan, buku,aksesoris, mainan edukatif dll hari ini di meja standnya ada juga jualan makanan - karena pengalaman hari kemarin banyak org cari makanan jadi meja2 yang bukan khusus makanan nambahin item makanan mereka ada yg tambah tahu isi, donat, sandwich, bakwan dll terlebih AC di Hotel ini cukup dingin bikin orang laper aja. kepikiran sih untuk bikin asinan , bakso or tekwan...tapi tak ada waktu buat ngopreknya , selain harus bawa peralatan yang agak berat dan ribet bawanya . Jadi semalem konsentrasi buat coklat molding lagi dapet deh 70 pcs dengan 3 kategori harga : yang besar semi butik (bentuk gak ada yg sama) harga Rp.3.000 - padahal saya lihat di toko bisa 4rb-5rb, yg sedang 2500 dan yang kecil 2rb. cukup lah terjangkau buat anaks. Bener banget tukang makanan itu untungnya bisa 100% malah bisa 300% dan kuliner itu memang gak ada matinya (karena termasuk kebutuhan pokok manusia ) , saya coba buktikan dengan buat coklat molding stik ini , modal bahan terhitung 40rb, dengan jumlah coklat yang dihasilkan 60pcs kalau dijual dengan harga 2500 saja seandainya terjual semua maka omzet yang didapat 150rb - itung sendiri laba berapa ?? padahal harga jual masih dibwh standar mall or mini market loh ya (tapi modal tetap memang belum dihitung, cetakan, alat tim)

Terus barang di stand ditambah lagi minuman dengan beli 1 Dos minuman sari jeruk, 2 Dos susu kotak, 1 Dos susu botol kecil, 1 dos teh kotak, 100pcs permen loly. Dan Si teteh tetangga bawa rempeyek 2 bungkus besar, Cococrunch 20 bks, kue lumpur 20 pcs dan 1 macam kue basah lainnya 1 kotak, ramailah stand kami hari ini. Ikut juga semua anaks dan anak si teteh..karena mereka ikut lomba mewarnai (Nai + Faris), Menggambar (Sarah+Raka), sedang Shofi kebagian tugas ambil foto2 dan ngawasin mereka, sementara saya nyiapin lomba2 termasuk lomba mengenal bumbu dapur untuk Bapak. Ira Assistenku dan si Teteh jaga stand. Sebenarnya ada stand satu lagi yg barangnya ambil dari saya..yaitu stand busana muslim, kawan saya yang ambil stand itu.

Kenapa ikut Bazaar ?
  1. sejujurnya ingin meramaikan saja sih - Alhamdulillah ada yg bisa bantu jaga, kalau enggak gak akan ikut juga kali...lumayan cape kalau harus angkut2 sendiri naik eskalator ke lantai 5 (di hari ke-2), karena lift dalam perbaikan.
  2. kalau dihitung untung/laba...lumayan tapi saya gak kepikiran ke situ aja karena setelah selesai bazaar terhitung keuntungan habis untuk saya,si teteh dan anak-anak pakai makan siang bersama dan bagi-bagi angpao/tip...hehehe...
  3. Mau kasih pencerahan agar kita bisa menangkap peluang usaha terutama untuk si teteh,asisten dan anak-anak. Menjemput Rizqi itu gak terlalu sulit asal ada sedikit kreativitas, usaha dan kerja keras...enyahkan rasa malu...yang penting semua usaha itu halal.
  4. Kasih kesempatan Sarah juga untuk jualan, belajar menghitung matematika dengan menghitung jumlah barang dan kembalian (tempo hari waktu market day kan dia sakit - jadi batal jualan di sekolah)
Kalau dihitung2 : Pengeluaran kemarin kurang lebih 900rb, laba yg didapat 350rb, kalau terjual semua laba kurang lebih 500rb sudah termasuk coklat yang saya buat - (karena ada sebagian yg dikonsumsi anaks..maklumlah bawa anak kecil, ada yg dibagi dan ada yg dibawa pulang..yg sisa dbawa pulang, kue bolu kemasan 20pcs, permen loly 2 buah,coklat 8pcs, susu kotak 8 dan aqua 5 gelas) itupun semua bisa jadi stok snack anak-anak di rumah . Alhamdulillah saya mendapat toko grosir yang paling murah meskipun harga jual gak beda jauh dari toko eceran malah beberapa item masih dibawah harga minimarket 24 jam. Si teteh Bilang kenapa gak jual agak tinggi ? kan bazaarnya di hotel org pun gak ada alternatif lain selain beli di stand kita...saya jelaskan berdagang gak selalu untuk mencari keuntungan yang besar, ada juga tolong menolongnya, gapapa harga standar aja...asal laris dan berkah...amin..., Tadinya minuman sari jeruk masih sisa 16 botol, lagi beres-beres mau pulang..eh ada borong tuh semua...ya sudah discount deh 10%- Alhamdulillah laris manis tanjung kimpul...dagangan habis duit ngumpul....:D

Hasil keuntungan kerjasama kita hari ini , kita ajak makan tuh teteh dan anaksnya, juga anaks saya ke resto yang mereka mau...Happy banget anaksnya teteh yang katanya setahun sekali aja mungkin enggak makan di luar - udah gitu masih bawa pulang juga makanannya plus uang saku untuk para penjaga stand..impas paaaasss....saya Bahagia , merekapun Bahagia... ...semoga ada pelajaran yang didapat dan
Berkah semua hari ini, Amin...

(yang sedari siang ngasa badan dah pegal-pegal kebayang enaknya di massage ntar pulang , ternyata selesai acara gak krasa lagi cape-nya sudah terobati dengan rasa senang...:D...Alhamdulillah...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar