Kamis, 10 Februari 2011

Shaum Senin - Kamis


Tahun ini ada program yang bagus digalakan walikelas kakak Oppie yaitu dengan shaum senin-kamis, terutama saat semester 2 ini menjelang ujian-ujian, tryout2 yang mereka hadapi. Cik gu wali kelas berharap dengan program ini anak2 lebih lunak hatinya, sabar, berfikiran jernih , semakin jadi pribadi yang solih, lebih dekat pada Allah SWT..(soalnya kls 6 angkatan ini mmg rada 'lincah' dan 'atraktif')

kalau kemarin-kemarin anaks disampaikan secara lisan di kelas oleh walasnya, pekan ini walasnya sms semua orangtua malam seninnya untuk ikut serta membangunkan sahur anak2nya. Subhanallah anaks pun antusias, tak terkecuali kakak Oppie, dihari kamisnya(hari ini) dia sendiri yg minta saya tuk bangunin sahur... kalau Teteh Beela kakaknya memang sering sekali sejak kelas 5 (kadang makan sahurnya dibw ke kamarya sendiri biar gak turun ke bawah), Alhamdulillah terus berlanjut spi di boarding walaupun waktu yang dianjurkan untuk santri putri kamis, Beela tetap mengerjakannya dihari senin (laporan dari wali asramanya...karena saat sahur hari senin dia suka pergi sendiri ke dapur umum - dimana para bibi koki memang sudah sibuk menyiapkan untuk sarapan ratusan santri dan menyiapkan sahur untuk asrama putra).

Nah, Oppie hari ini ke-2 dalam 1 pekan, pulang sekolah dia dan temansnya diajak ifthor di rumah walasnya (kebetulan tinggal di asrama guru putri), yang ikut ifthor 16 orang siswa , 4 diantaranya siswa laki-laki (dari total 16 siswa putri, 11 siswa putra) . Cik gu masak rame2...anak2 sebelum buka jalan2 seputar komplek, jalan2 mungkin juga sambil ditausyiahi..menjelang maghrib kembali ke asrama cik gu, siap2 dan ifthor tentu dengan dipotong sholat, setelah berbuka dengan masakan cik gu yang enak....mereka jalan2 lagi keliling komplek untuk menurunkan yg ada di lambung katanya..:D...
Menjelang isya, baru pulang...ternyata anaks ada juga yang rumahnya jauh dan mereka dijemput oleh orangtua masing-masing.

Mudah2an dengan shaum jadi semakin bersih hati, meningkatkan kesabaran dan kecermatan.
InsyaAllah badan semakin sehat dan Allah banyak berikan kemudahan dan pahala, amin.

Adapun hikmah didalam nya dalam hadist Nabi yg berbunyi:''Disurga ada pintu bernama rayyan.Hanya orang orang yg berpuasa saja yg dapat masuk pintu itu.selain orang yg berpuasa tidak ada yg dpt memasukinya.{HR.Bukhari, Muslim}.

''Puasa adalah benteng yg membentengi seseorang dari api neraka yg membara''.{HR.Ahmad dan Baihaqi}.

''Segala sesuatu itu ada zakatnya,sedang zakat jiwa itu adalah berpuasa. Dan puasa itu separo kesabaran''.{HR.Ibn Majah}.

Dengan membiasakan shaum senin kamis mudah2an dapat menjadikan seorang hambayang semakin dekat dgn Sang Khaliq Allah SWT. dimana ketaatan pada-NYA akan terus berlangsung ,tidak hanya pada bulan Ramadhan saja.

Amin...

gambar dari sini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar