Sabtu, 12 Februari 2011

GOOD LUCK SHOFIE

Hari ini ada kejutan lagi dari Kakak Oppie berita hasil Try Outnya : setelah score Try Out sebelumnya ( 1,1,4,1,1), Try out 2 terakhir ini kembali menuai sukses pringkat 1,1 sebenarnya ada 1 lagi Tryout JSIT (Nasional) yg belum keluar. Bulan Januari-awal Feb hampir sebulan digempur dengan tryout terus menerus. Berempati dengan perjuangan anak2 kelas 6, kami orang tua murid berinisiatif kasih bonus snack saat ada pelajaran tambahan di sekolah sekedar untuk tambah tenaga dan tambah semangat anak-anak. (biasanya biskuit,kue2 basah dan minuman/susu kemasan)

Pagi itu saat saya akan antar dia dan adiknya sekolah hari sabtu (biasanya yg bertugas antar bapaknya- berhubung sedang dinas luar kota, jd saya menggantikan tugas itu ) Shofi bilang hasil try out tapi seperti biasanya dia kasih tahu saya dengan nada datar aja – gak ada kegembiraan yang meluap.

“ Mi..hasil try out yang 2 udah keluar “ - “ trus gimana hasilnya Kak ?”

“Katanya sih ke 1 yang Sekolah, trus yang sekecamatan juga ke-1 – tp yang JSIT belum keluar “ - Alhamdulillaah...ucap saya.

Hari ini saya kebetulan mau antar Brosur SMPIT Al-Kahfi ke sekolah, karena ada temansnya Shofi berminat juga daftar ke sana jadi sy mau titip ke wali kelasnya.Baru aja sampai naik tangga Bu Ani – Guru bhs. Inggris..udah nyambut dengan serentetan tahniah..”Ibu..Subhanallaaah..Selamat ya..Si Kakak Tryoutnya bagus deh..semuanya peringkat 1”..duh..duh..ibu nih heboh juga..pdhl si kakak lempeng aja tuh.. “ Try out lokal kesatu, Try out Kecamatan kesatu juga “.

saya : “ Tapi se kecamatan itu Shofi peringkat berapa ? “ , “ Peringkat 1 buuu...ada 24 sekolah dan 1171 siswa “ - Duug !!..baru lah jadi ikut2an terharu deh...Subhanallah..tadinya saya pikir Tryout kecamatan peringkat 1 diantara temannya di sekolah aja , seperti try out sebelumnya yg diikuti 11 sekolah (600an siswa) peringkat 3, tapi memang untuk di kelas/sekolahnya Shofi ke-1 . Tambah-tambah lagi saya baru tahu Tryout kali ini hampir 2x lipatnya..berarti persaingan ketat banyak sekali !

Setelah itu ngobrol dengan Bu Ani, muncullah ibu wali kelasnya Bu Yuli..hampir cerita yang sama. Malah nambahin “itu bu..temen2 yang laki2 ngobrolin shofi...terheran2.. mereka tanya ke saya Bu, Kok bisa ya shofi sampai loncatnya jauh gitu..padahal waktu pindah kelas 4 dulu, dia rangkingnya 10 besar...sekarang nyalip semua rangking atasnya” (Padahal Shofi gak ikut Bimbel manapun kecuali les tambahan matematika aja baru 2bulan ini 2x seminggu)

Bener2 ya saya gak nyangka, sungguh dulu sebelum kelas 6 ini – saya menyangsikan dia dalam belajar karena buka buku kalau ada PR aja !...gak kyk Tetehnya Beela yang kliatan rajin baca, ngerjain PR dan kerja kelompok sering banget sama temen2nya. Bocah yg satu ini..rasanya baru 1 kali aja belajar bersama di rumah. 2 tahun lalu daripada capek juga nyuruh2 belajar yang jwabannya cuma “ Ntar, ..Nanti...Ntar...Nanti...” Saya mewanti2 aja dan kasih kepercayaan – yang sering saya ingetin ke Shofi - “ Kalau di kelas Saat Guru nerangin Pelajaran – Konsentrasi, tidak ngobrol, tidak main2, jadi kalau ada ulangan gak perlu susah payah belajar ya cukup baca dan mengulang aja..” Rupanya itu memang dipraktekan..alhamdulillah biarpun gaya belajarnya cuek, sambil tiduran,sambil nonton sambil ngemil . Alhamdulillah Shofi punya daya ingat yg tinggi, malah dalam beberapa hal pengetahuan umum yang tak ada di pelajaran dia lebih tahu dari kami orangtuanya. Ini juga dia suka sekali baca koran, nonton National Geografi, Adventure program dll. - selain hiburan juga plus pengetahuan. Pernah juga Guru Hafalan Qur'an bilang kalau Shofi punya daya hafalan yang kuat...pernah sekali saya test hafal ayat baru..sy ksh waktu 15 menit, dia mampu menghafal 3-5 ayat..Subhanallah...

Sejak kelas 6 ini,..dia rancang sendiri waktu khusus untuk belajar. sejak maghrib sampai Isya dia ngungsi ke lantai atas bawa buku dan qur'an – buku soal2 UASBN sudah dilalapnya 3 buku, tinggal sisa 2 buku lagi. Saya tak memaksa – rupanya Shofi sdh punya kesadaran sendiri, gak ada temen diskusi lagi karena kakaknya udh di boarding... dia baru tanya kalau gak ada yang ngerti, kami juga tanya-jawab kadang soal2 yang ada di buku.

Selain itu kemungkinan juga terbantu dengan program tutor sebaya, dimana shofi diberi amanah oleh gurunya mengingatkan teman2nya untuk belajar santun, baik dikelas maupun di luar, sholat 5 waktu, dan menyampaikan kembali materi bila ada teman-temannya tidak mengerti dalam hal pelajaran. Jadi Shofi merasa punya tanggung jwb, mungkin dari sini dia berfikir gimana gak - dia yang mengingatkan masa dia mengabaikan untuk dirinya sendiri ?

Dia pun pernah diminta sharing cara belajar Ala dirinya untuk diceritakan teman-temannya di depan kelas. seperti yang diceritakan Wali kelasnya Shofie hanya cerita kalau di kelas belajar konsentrasi apa yg disampaikan guru, gak becanda, main-main jadi dirumah tinggal mengulang aja. juga karena udh kelas 6 rajin2 ngerjain soal. " Belajar Happy dan enjoy aja, jadi gak berat !!...(Good...prok..prok..prok...anak ummi.....hihi...)

Oya, Cita-Cita Shofi ingin jadi Jurnalis atau Arsitek...makanya di sekolah ikut kru Warcil..tapi jiwa menulisnya belum terasah nih..

Mudah2an, tetap kerja keras ya Kakak..., Jangan cepat merasa puas perjuangan masih menanti 3 bulan lagi BIG EXAM dan terdekat Olimpiade Sains yang harus diikuti. Yuk kita sama-sama belajar, bersabar Ummi selalu berdo'a untuk kemudahan Kakak dalam menuntut Ilmu dan meraih Cita-cita ya.Kak, tapi ingat tetap pada Jalan yang Maha Kuasa, selalu berbuat baik dan santun , InsyaAllah Dia mudahkan semua urusan, Amin..

KEEP HIGH SPIRIT DEAR SHOFIE !!

gambar asli dari sini,sini, sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar