Senin, 10 Januari 2011

Raport Sekolah

Alhamdulillah hasil belajar anak-anak memuaskan.

Beela meraih peringkat 4 dengan selisih koma dgn peringkat di atas2nya bersaing ketat, di mid-semester sebelumnya Dia terpilih jadi Bintang Prestasi.

Shofia peringkat 2 dengan selisih koma juga dan Sarah Peringkat 6 Alhamdulillah lompat 3 tingkat dari semester sebelumnya. Sebenarnya emak n bapaknya gak nuntut perolehan rangking sih…Cukuplah nilai2 baik ,nilai tuntas, mereka paham semua pelajaran dan nyaman, antusias dalam menuntut ilmu, insyaAllah hasil sih akan mengikuti.

Alhamdulillah Beela dan Shofi juga dapat uang saku juga dari sekolah , lumayan utk motivasi lebih giat lagi.

Awalnya mereka diam-diam aja, waktu dapat uang saku..Shofi tiba-tiba kasih amplop yang tertera namanya pas dibuka uang saku Rp.120.000 – Alhamdulillah ini juga ke-2 kali setelah tahun sebelumnya. (sampai sekarang uang yang lalu pun masih tersimpan di umminya...hehe...bukan setoran ke emaknya lho ya...murni dia tabung, karena anak-anak itu tidak suka bolak-balik jajan sendiri ke warung).

Pas saya jemput Beela (kakaknya Shofi) dari Asrama di Bogor untuk liburan ke Batam, saya bilang “ Shofi dapet uang saku lagi, mau traktir Teteh katanya “ - Baru deh Beela cerita bahwa iapun dapet uang Saku Rp.50.000 dari sekolah karena tapi udah habis dipakai waktu Field Trip ke Kota Tua Jakarta 2 bulan lalu, tapi dia baru cerita saat itu. Beela ternyata masuk kategori “Best for Ferformance” dari raport Asrama . Haah...!! Gak salah tuh ?? Secara saya pikir Beela tuh gak modis, orangnya low profile, pemalu, bicaranya juga pelan...bukan tipe aktivis and modis..hehe...itu pikir saya. Waktu dikorek info lebih detail lagi apa kriterianya ? : ternyata anak-anak yang sering ke masjid, dan setiap sholat wajib sudah menyiapkan sebelum waktu Adzan juga rajin merawat masjid, selain itu rajin shaum sunnah dan Dhuha.

Alasan utama sih , Beela lebih senang belajar di masjid. Jadi walau di luar jam sholat, biar sudah lewat Sholat Isya – dia belajar di Masjid sebab di kamar suka ribut dengan 8 orang penghuninya tentu heboh banget apalagi kamar perempuan suka ngobrol kali ya.

Nah, kalo Shofi..Anaknya cuek bebek...belajar aja sering d depan TV gak terlalu pengaruh dengan keributan-malah kalau sendiri dia teriak-teriak minta ditemenin mbak-nya (khadimat)...hehe...Dasar penakut !! - mudah-mudahan ntar SMP kalau Ekskul masuk PRAMUKA gak penakut n slenge'an lagi.. :)

Dari 5 kali Tryoutnya Peringkat Shofi Alhamdulillah memuaskan (1,1,4,1,1) di Try Out ke-4 sebenarnya gabungan 11 Sekolah dengan peserta 600 lebih , Shofi ada diurutan 3. Sebenarnya heran juga saya tidak terlalu lihat Shofi belajar serius – karena belajar sambil nonton TV, Tiduran di Kamar...Tapi udah kelas 6 ini dia agak berfikir serius. Lha wong waktu kelas 5, dia pegang buku pelajaran kalau ada PR aja Je ! Tapi saya selalu berpesan, siapkan mental, pikiran dan hati waktu di kelas saat Guru menerangkan pelajaran jadi mudah diserap jadi nanti Ulangan gak terlalu sulit buat mengulang. Mungkin Shofi orangnya sekali baca atau dengar langsung nempel..karena pada beberapa kesempatan untuk pengetahuan-pengetahuan umum dia lebih banyak tahu dari kakaknya dan kami orangtuanya. Hobbynya Nonton Program Adventure, National Geography,Petualang, Jalan-jalan dan tentu kuliner...haha...kan doyan banget makan + ngemil !!, Makanya Dengan itu dia terinspirasi untuk jadi Jurnalist penjelajah Dunia and daerah2 yang menarik...tapi gimana boleh !! dia sendiri malas untuk jalan kaki, panas-panas, payah-payah makanya nanti SMP akan saya sarankan dia masuk Jurnalistik dan pramuka. :D

Kalau lagi Jobless, Shofi lebih kreatif bikin pernak-pernik bikin gantungan kunci, tempat pencil dari flanel dan kaleng bekas, bikin batik dari Tissue dll.

Lain halnya Sarah, Dia selalu Nervous kalau PR-nya belum siap buat besok hari, dia belum bisa belajar mandiri selalu masih ditemani. Alhamdulillah dengan metode tanyajawab, tebak-tebakkan mudah2an Sarah tetap antusias belajar. Pelajaran yang masih dalam pendampingan terutama, Matematika, Hafalan Qur'an dan Bahasa Arab.

Kalau TIK (komputer) dan Bahasa Inggris Boleh lah , hampir selalu Bagus, malah untuk TIK pernah dapat 100 di Raportnya.

Saya sih berharap mereka selalu haus akan mencari ilmu baik Akademis maupun Non Akademis dan kelak akan menjadi manfaat bagi dirinya dan orang lain, apapun cita-cita mereka asal mereka suka dan dapat bermanfaat bagi orang banyak, It's OK !

Terus Raport Saya sendiri gimana ?? Wadow...biar gak sekolah lagi tapi tetep harus punya raport pencapaian yang bisa diukur sesuai dengan target yang diinginkan...kayaknya harus lebih dimotivasi nih emaknya....hihi...

ket : gambar diambil dari sini dan sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar