Minggu, 30 Januari 2011

Perang @Dapur...

Perang @Dapur Pekan ini diawali dgn blanja dianter Nai (berdua aja je !)
Kakak2nya pergi skul, Abi-nya blm balik dari Surabaya..di telp masih main futsal (sempet2nya mindahin jam futsal dari Batam ke Surabaya).

Karena hujan masih bergemericik, bikin suasana pengen makan yang panas2. Ting !! tiba-tiba ide muncul : bikin gado-gado karena masih byk persediaan bumbu pecel, Siomay (dah lama gak bikin), Tekwan, Pisang 'Ponti' (terinspirasi tetangga depan, bu Siswo/bu Sri mulyanti yg tempo hari kirim pisang goreng Pontianak) dan Puding (sebenernya puding dah bikin semalem - krn persediaan Roti dan Raisin masih banyak).

Ya, sambil cuci mata Nai belanja sambil bermain...nyebutin macam2 ikan dan sayur mayur, mau parkir di pasar penuhhh banget deh..tnyata orang bedol rumah klu akhir minggu pada belanja kaliii, sampai nyaris di ujung gak dapet parkir. Alhamdulillah dapet juga depan kios pangkas rambut.

Hunting pertama adalah ikan giling..ada 3 macem : ikan Tenggiri 60rb/kg, ikan Alu2 35rb/kg, Ikan Parang 405b/kg, ibu penjual promosiin ikan parang..ya skalian nyoba deh enak apa ngak. ..selanjutnya beralih ke tukang ayam cukup seekor ayam aja+1 potong Dada (Ayam utuh Rp.23rb/kg, sedang yg udh potong bersih 25rb/kg), terus terakhir ke tukang sayuran..beli macam2 sayuran habis 135rb. berat juga bw 3 tentengan 3 kresek gede, Nai mau bantuin bw kresek telur puyuh + toge.
Lewat tempat Roti Prata, Nai pengen sarapan dulu..gak mau dibekel ya sudah kita menempati tempat duduk paling luar, dengan memesan 2 prata kosong @3rb, 1 prata telur = 7rb, 1 gelas teh susu=5rb.

Tiba di rumah, mulai bergerak dan mengeluarkan perlengkapan dan bahan2 perang, mulai bubuk tepung,pisau, parutan,wadah2 dll. Biasa deh..klu dah gini Nai ikut-ikutan...brantak2in, ngawur2 tepung sampai berserak, pegang pisau wortel dan marutin labu...kadang malah kebuang2, tapi yaa...gapapa deh buat dia belajar asah perasaan dan motorik halus, happy aja Nai..dengan riang mau disuruh ini itu. Asal dia juga bisa motong dan ngaduk-ngaduk. Asisten yg bagian ngulek2 bumbu halus, nyuci piring dan goreng-mengoreng, perang dapur berlangsung dari jam 8.30 sd. 10.30, ngadonin siomay (kulit pangsit,tahu, kol,kentang,telur), bikin biji tekwan, pisang ponti...(yaah..yang ini mengecewakan !!, tnyata pisangnya palsu..masih mentah !! jd gak bisa dibkin, terpaksa saya minta assisten buat cari lagi di warung Abud, alhamdulillah dapet),kukus2 sayuran tuk gado-gado. ssiip...tralaa...semua siap.
Tapi saudara....saat saya mau mindahin ke wadah plastik besar tuk bekal pengajian..telur rebus yg 6 biji di embat Nai...semua, wadoww...doyan banget yak nih anak,,tapi kuning telurnya sebagian dia sisihkan gag doyan, ya sdh lah nak..gak apa2 biar ngga kolesterol, Alhasil saya bawa bekel siomay tanpa telur rebus.

Pas beres2,bersih2 mau jemput anaks yg keluar jam 11.00 tnyata mereka dah dateng duluan dianter ortu temennya, hiks..jd mrasa bersalah keduluan.
Ternyata dipercepat karena ada undangan walimurid untuk membahas ekskul dan pembuat U turn di parkiran sekolah, aduh !! lagi-lagi Shofi itu undangan gak dikasih ke Emaknya dia malah nanya " Memang gak ke sekolah mi ?" , " Ada Apa?" kan ada undangan, saya lagi : " Undangan apa ?"...barulah dia ksh..."Ampunnn deh !!" hehe...dilihat dah jam 11.30, undangan jam 10 s.d 12, gak sempet lagi...saya dah ada janji ba'da dhuhur ke BCS udah itu langsung ke KDA, lanjut ke Pengajian.

Jadilah hari ini saya tak bisa memenuhi undangan sekolah, pergi lah dengan perbekalan Puding Roti Raisin, Siomay Bandung (agak asin karena ada tangan-tangan kecil yg berpartisipasi jadi lupa takarannya..^___^, tp tertutupi dengan Kol rebus dan kentang kok yg rasanya sedikit manis dan tawar ) dan Pisang 'Ponti' yang crunchy.

Pulang ke rumah maghrib, mendapatkan suami tercinta tepar, kecapean..pesan mobil gak masuk garasi karena mau dia pakai (krn sayang kena hujan kata blio, mobilnya udh dicuci -jadi mau pake mobil saya, biar sekalian kotor katanya..hehe..hematisasi), ternyata dia tumbang ..kecapean bangun tidur sholat tidur lagi sampai jam 21.00 akhirnya saya masukkin lagi mobil ke garasi.

Resep-resep nanti di share di Posting khusus ya.

gambar ambil dari sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar