Senin, 31 Januari 2011

Vaksin Meningitis

Sudah hampir 2 minggu kami mencari Vaksin meningitis untuk memenuhi persyaratan pemerintah Saudi dalam pelaksanaan umroh.

Pemerintah Arab Saudi mewajibkan setiap calon jemaah haji mendapat vaksin meningitis (radang selaput otak akibat bakteri. Penyakit ini bisa mengakibatkan kerusakan otak, hilangnya pendengaran, hingga kematian. Arab Saudi adalah daerah endemik meningitis.

Selama ini jemaah haji Indonesia mendapat vaksin meningitis produksi Glaxo Smith Kline (GSK) asal Belgia yang terpapar zat mengandung babi dalam pembuatannya. Vaksin itu diberikan untuk situasi darurat karena belum diketahui vaksin meningitis yang tidak terpapar zat mengandung babi.

Tanya sana-sini, Kimia Farma , dokter2 terdekat ,Dinkes Batam, KKP (kantor kesehatan pelabuhan) stoknya yg GSK - mereka bilang vaksin halal yg stok banyak saat haji terakhir tahun lalu, setelah itu stok kosong.
vaksi meningitis yang dinyatakan halal adalah vaksin produksi Novartis dari Italia dan Tian Yuan dari Cina. Sedangkan vaksin produksi Glaxo dari Belgia masih dinyatakan haram oleh MUI. (informasi didapat dari sini) - karena vaksin produksi Novartis pun cukup mahal berkisar 400 sd 500rb, katanya harga ini pun lebih murah drpd di luar negeri bisa 2x lipat, sedang GSK sekitar 150rb.

Setelah cari informasi, ternyata di Bandara Halim - Jakarta Ada, sayang nya tidak bisa sembarangan kirim karena vaksin tsb harus terjamin keamanan dan pada suhu tertentu.

Alhamdulillah kemarin malam staff suami (yang istrinya bekerja di KKP) memberitahu bahwa KKP Batam sudah stok 100ampul. jadi ASAP (As Soon As Possible) kami meluncur ke KKP tadi siang. pantas saja 1 dos itu tersegel didalamnya ada 10 ampul, 5 vaksin kering dan 5 cairan pengencernya, jadi 1 dos digunakan untuk 5 org. jadi kalau kami kemarin order pun tidak bisa untuk 2 org saja harus 5-5nya diorder.

Urusan vaksin untuk dicantumkan di buku kuning sudah beres, aturan terbaru juga, dibuku kuning disertakan kode foto kita, dimana buku ini juga tdk bisa diperjualbelikan bebas asal saja biar bisa lolos dalam pengurusan visa. Vaksin ni berlaku sampai tahun 2014.

Setelah ini kami harus melengkapi persyaratan lainnya yang harus dikirim ke agen travel kami diJakarta. Bismillaah...semoga lancar.